Saturday, October 6, 2018

Perencanaan Pengendalian Proyek atau RAB

Rencana Anggaran Biaya

Rencana Anggaran Biaya adalah 
perhitungan banyaknya biaya yang dibutuhkan baik upah maupun bahan dalam sebuah perkerjaan proyek konstruksi, membangun rumah, atau meningkat rumah, gedung, jembatan, masjid, dan lain-lain.
Rencana Anggaran Biaya dibuat berdasarkan uraian pekerjaan yang disusun menurut jenis pekerjaan yang ada dalam pelaksanaan konstruksi dan disusun berdasarkan gambar kerja dan RKS ( Rencana Kerja dan Syarat ) dengan memperhitungkan segala biaya pengadaan bahan maupun alat.

Berikut ini langkah-langkah cara menghitung RAB:
1. Membuat item Pekerjaan dan Menghitung Volume Pekerjaan
         Sebelum kita membuat  RAB kita terlebih dahulu meguraikan pekerjaan menjadi bentuk pokok-pokok pekerjaan yang akan menunjukkan lingkup pekerjaan tersebut. 
Setelah menguraikan item pekerjaan, kemudian kita menghitung Volume setiap item pekerjaan tersebut. Contoh : Kita mempunya lahan dengan Panjang 4m dan Lebar 5m,  maka Volume dari lahan tersebut adalah (P) 4 x (L) 5 = 20 M2 (meter Persegi). Setelah semua item pekerjaan dihitung beserta volume nya kita lanjut ke tahap berikut nya .

2. Membuat Daftar Harga Satuan Upah dan Bahan
   Dalam membuat Harga Satuan Upah dan Bahan, kita bisa melakukan survey ke toko material atau mengikuti harga standar setiap masing-masing daerah.
Berikut ini contoh Daftar Harga Satuan.

3. Membuat Analisa Harga Satuan Pekerjaan per item pekerjaan
Analisa Harga Satuan Pekerjaan adalah perhitungan kebutuhan bahan, upah dan alat untuk melaksanakan pekerjaan. Analisa Harga Satuan pekerjaan bisa mengacu dan merujuk ke Analisa Harga Satuan SNI.

4. Membuat Rencana Anggaran Biaya
Langkah Selanjutnya adalah mengkalikan Volume pekerjaan dengan Harga satuan pekerjaan. Contoh untuk membuat 1m kubik beton dianalisa didapatkan nilai Rp. 300.000,  berarti kita tinggal mengalikan volume keseluran pekerjaan beton dengan hasil analisa harga satuan pekerjaan beton tersebut.
Demikian postingan saya tentang RAB, semoga bermanfaat.


Untuk mendownload contoh Tugas RAB bisa klik link dibawah ini :


No comments:

Post a Comment