Monday, October 24, 2011

Kebobolan 6 Gol, Kekalahan Terburuk MU di Old Trafford


Hingga pekan ke 8 Liga Inggirs, Manchester City unggul 2 point dari saingan satu kotanya Manchester United, dan berkat torehan enam gol bersarang di gawang David De Gea dan hanya satu gol balasan dari Fletcher, tim asuhan Roberto Mancini semakin menjauh dengan unggul 5 point dari saingan satu kotanya Manchester United.

Kekalahan 1-6 dari Manchester City tersebut, menjadikan kekalahan terburuk Setan Merah di Old Trafford, sebelumnya kekalahan terburuk MU terjadi pada Maret 2009, ketika itu tim asuhan Sir Alex Ferguson dikalahkan Liverpool dengan skor 1-4.

Dari 4 laga kandang, MU selalu perkasa, semua lawan-lawannya keok di Old Trafford, termasuk Gudang Peluru Arsenal di bantai dengan 8-2, tapi keperkasaan tersebut berbanding 180 derajat ketika meladeni permainan taktis Manchester City.

Dalam laga ini, Roberto Mancini, pelatih The City sangat jeli dalam menurunkan permain, Samir Nasri yang biasa jadi starter, kali ini dicadangkan, dan David Silva dibantu Yaya Toure diberi tanggung jawab untuk mengatur ritme permainan City. Namun dibalik itu, tim yang berkostum biru langit tersebut tetap menurunkan dua stiker, sebagai bukti tidak takut meladeni MU di Old Trafford.

Jalannya pertandingan

Pada menit awal pertandingan, kedua tim masih mencari bentuk permainan terbaiknya, bola lebih banyak berkutat dilapangan tengah, namun tetap saja MU lebih menguasai jalannya pertandingan, sedangkan The City sendiri lebih banyak menungguh dan tidak mau terjebak permainan cepat MU, berkali-kali barisan penyerang MU, terutama dari kedua sayap Ashley Young dan Nani sering kali memberi umpan yang mengancam gawang Joe Hart, bahkan kapten Manchester City, Kompany harus menerima kartu kuning untuk menghentikan penyerang MU, Welbeck.

Lebih banyak menyerang, justru gawang MU yang lebih dulu kebobolan melalui Balotelli , tepatnya dimenit ke 22, gol tersebut bermula dari akselerasi David Silva yang memberi umpan kepada James Milner disayap kiri, bola tersebut diteruskan ke Balotelli yang berada di kotak penalty MU, dengan jeli dan terarah Balotelli melepaskan tembabakan disebelah kiri Gawang De Gea, dan membuat Manchester United ketinggalan 0-1.

Gol Balotelli tersebut membuat tempo permainan semakin meningkat, terutama dari MU yang berusaha mengejar ketinggalan, Ashley Young pada menit 27 dan Anderson dimenit 37 sempat mengancam gawang Joe Hart, sayangnya tembakan kedua pemain ini tidak menemui sasaran, hingga turun minum, Manchester United masih ketinggalan 1 gol.

Babak kedua baru berjalan beberapa menit, MU harus kehilangan beknya Jonny Evans setelah menerima kartu merah akibat melanggar Balotelli didepan kotak penalty David De Gea, pelanggaran tersebut sebenarnya tidak terlalu keras, namun wasit tetap memberikan kartu merah, karena Jonny Evans menjadi permain terakhir setelah kiper.

Kehilangan pemain, membuat permainan MU semakin tidak berkembang, pada menit ke 60, lagi-lagi Balotelli bungkam supporter Setan Merah, gol kedua Manchester City tersebut lagi-lagi diawali aksi cantik David Silva dan James Milner di garis pertahanan kiri MU, dari Silva bola diteruskan pada Milner, dan memberikan umpan silang kepada Balotelli yang telah mengungguh dimulut gawang De Gea, dengan mudah Balotelli menjebol gawang MU untuk kedua kalinya.

Ketinggalan 2 gol MU memasukkan dua pemain sekaligus, Hernandez menggantikan Nani, dan Jones menggantikan Anderson, tapi justru gawang MU yang kebobolan.

Pada menit 67 Game Over, begitulah kira-kira yang dikatakan komentator pertandingan, sebab pada menit 67 tersebut gawang MU jebol untuk yang ketiga kalinya melaui Sergio Aguero, kali ini gol Aguero tersebut hasil dari umpan manis bek Micah Richards.

Merasa sudah unggul 3 gol, Roberto Mancini menarik keluar Balotelli dengan mamasukkan Dzeko dan tak lama kemudian menit ke 76, Segio Aguero juga diganti dengan Samir Nasri.

Baru semenit masuk, Dzeko sudah mengancam gawang MU, sayangnya tendangan pemain asal Bosnia tersebut masih melenceng dikiri gawang De Gea, tak lama kemudian Dzeko hampir menjebol gawang MU, namun terdangannya masih mengenai kaki kiper De Gea.

Menit ke 81, Darren Fletcher berhasil memperkecil ketinggalan dengan menjebol gawang Joe Hart setelah bermain satu dua dengan Javier Hernandez.

Petaka tim asuhan Sir Alex Ferguson bertambah, 1 menit menjelang waktu normal, Dzeko berhasil menjaringkan bola kegawang MU untuk keempat kali setelah meneri bola dari Lescott yang berawal dari sepak pojok The City.

Dimasa injury time, pemain MU dibuat tetunduk lesu setelah dua gol kembali bersarang digawang mantan kiper Atletico Madrid tersebut, gol kelima dari David Silva setelah menerima umpan dari Dzeko, dan gol keenam sebagai penutup pertandingan diciptakan oleh Dzeko.

Dalam pertandingan ini wasit mengeluarkan tujuh kartu kuning, empat untuk MU, tiga untuk Manchester City, dan satu kartu merah untuk MU.

Skor akhir pertandingan Manchester City membuat Old Trafford terdiam dengan mengalahkan Manchester United 6-1.

Susunan pemain :

Manchester United : De Gea, Evra, Rio Ferdinand, Jonny Evans, Smalling, Darren Fletcher, Anderson (Jones 66), Nani (Javier Hernandez 66), Ashley Young, Wayne Rooney, Welbeck.

Manchester City : Joe Hart, Micah Richards, Kompany, Lescott, Clichy, Barry, Yaya Toure, James Milner (Koralov 88), David Silva, Sergio Aguero (Samir Nasri 76), Balotelli (Dzeko 70)

No comments:

Post a Comment